Ikuti saya di Facebook:

Ikuti saya di Twitter:

Thursday, December 12, 2019

Membuat Wajan Penguat Sinyal HP/Modem Untuk Internet Lebih Cepat

Membuat Wajan Penguat Sinyal HP/Modem Untuk Internet Lebih Cepat
Banyak orang dinegeri ini mengakses internet untuk computer mereka menggunakan modem atau hp sebagai modem. Hal itu karena sebagian besar rumah mereka belum dilalui jalur internet fiberoptic atau yang lainnya yang lebih cepat. Termasuk saya, dirumah dengan komputer akses internet menggunakan HP/modem.

Masalah bagi saya yang tinggal di pedesaan dengan jaringan selular yang sinyal nya sangat lemah. Apalagi antara BTS dan rumah saya terhalang oleh bukit dan pepohonan tinggi, mengakibatkan sinyal yang di transmisikan menjadi terganggu, sinyal pun terlihat lemah, internet juga menjadi sangat lambat.

Sebelumnya saya menggunakan wajan keramat ibu saya sebagai alat bantu memperkuat sinyal dan mempercepat akses internet. Wajan itu saya buatkan braket sebagai penyangga wajan dan modem/HP. Braket yang terbuat dari kayu tentunya mempersulit saat proses penempatan posisi wajan untuk mendapatkan sinyal yang lebih kuat.

Kali ini saya membuat wajan penerima yang lebih layak. Dibuat seperti sebuah antena parabola TV satelit, dengan tiang penyangga dan wajan yang dapat digerakkan. Membuat wajan penguat sinyal harus menghitung titik fokus pantulan gelombang elektro magnetik. Agar pantulan gelombang dapat mengenai antena pada modem/hp dengan pas, sehingga sinyal yang diperoleh lebih besar, dan akses internet dapat maksimal dan sangat cepat.

Berikut video bagaimana saya membuat wajan penguat sinyal modem/hp.